Menyulap Laptop Menjadi Efek Gitar

Halooo guys, apa kabar? Waduh, udah hampir sebulan gw menghilang dari peradaban. Akhirnya bisa bikin artikel lagi disini. Sorry ya guys, beberapa minggu kemaren gw disibukkan dengan kehadiran tugas-tugas yang gak ada habisnya ditambah lagi minggu ini sekolah gw lagi melaksanakan Ujian Kenaikan Kelas atau UKK (do'ain ya). Yass UKK, permasalahannya adalah gw harus punya persiapan buat ngehadapin UKK ini. Jadi minggu-minggu sebelumnya boro-boro gw ada waktu buat buka blog, pengin nge-band aja susah banget saking sibuknya matengin persiapan UKK. So, di artikel gw kali ini gw mau ngebahas gimana sih caranya menyulap laptop menjadi sebuah efek gitar. Sebelumnya gw kasih tau dulu nih, tutorial ini bisa juga diterapkan di PC/Personal Computer. Tetapi..kali ini gw cuma fokus di laptop aja yaa. Kenapa nggak sekalian sama PC aja bang? Oke, jadi gini. PC sama laptop itu pada dasarnya sama, sama-sama punya soundcard juga. Cuman..kalo di PC itu kadang gak ada slot mic nya, laptop ada juga sih yang gak ada slot mic nya. Tapi nanti bakal gw bahas kok cara mengatasinya kalo di laptop/PC kalian gak ada slot mic nya.


Untuk tutorial kali ini, software yang kita butuhkan ada 2 jenis. 1 software DAW dan 1 VST Plugin yang nanti dikoneksikan ke DAW nya itu sendiri. Nama software-nya itu Fruity Loops Studio 11 atau bisa kita sebut FL Studio 11 dan Overloud TH2. Kok FL Studio-nya masih pake yang versi 11 bang? Keduanya kalo menurut gw sih sama aja, berhubung gw belum terbiasa pake yang versi terbaru/12 jadi gw pake yang 11 aja ya. Itu semua kembali ke kalian, lebih enak pake yang mana. Yang jelas gw disini cuma bikin tutorial-nya di FL Studio 11. Dan 1 lagi, kalo yang mau download FL Studio 12 kalian bisa download langsung di web resmi nya Image Line dan sejauh ini gw belum nemu crack-nya yang versi 12. Buat yang belum punya software nya bisa di download di bawah ya guys.

FL Studio 11+Crack : Dropbox - d-SHINE Official
Overloud TH2+Crack : Google Docs - Down4Fr33

Selain 2 software di atas, kalian juga perlu beberapa peralatan penting untuk mengubah laptop kalian sebagai efek gitar. Yang pertama tentu kalian butuh GITAR (kalo gak punya gitar silahkan minjem gitar temen atau kenalan kalian. Gak punya gitar? Gak niat minjem? Close aja artikel ini! Kedua, kalian butuh Instrument Jack. Yass, kabel instrumen. Ketiga, Converter Instrument to 3.5mm. Ini salah satu peralatan yang paling penting untuk menghubungkan gitar ke slot mic di laptop/PC kalian. Keempat, biasanya di laptop udah kepasang dari sononya kalo ini, Audio Interface/Soundcard. Seperti yang gw katakan di awal, untuk menguhubungkan jack kalian ke laptop/PC itu kalian butuh slot mic nah di soundcard ini kalian biasanya dapetin 2 slot yaitu slot mic sama slot speaker. Gimana dong kalo laptop/PC gw gak ada soundcardnya? Nah lu bisa akalin dengan cara beli USB Soundcard murah atau kalo lu emang niat banget di musik lu bisa sekalian aja beli USB soundcard professional yang biasa dipake buat home recording. Kelima, sebenernya ini optional tapi kalo kalian butuh ini ya kenapa nggak. Speaker atau Headset/Earphone/Headphone, kalo di laptop sih biasanya udah ada tapi kalo di PC kalian emang sangat membutuhkan benda yang satu ini. Yang terakhir dan gak kalah penting, PC/Laptop. Oke langsung aja ini dia peralatan yang kalian perlukan guys.

1. Gitar (Elektrik atau Akustik Semi-Elektrik)


Kebetulan gitar ini baru gw beli beberapa minggu yang lalu, jadi ini bau cat nya masih nempel sampe sekarang. Gitar ini gw beli dengan harga yang sangat-amat-luar biasa-sungguh murah. Serius. Harga murahan tapi kualitas pastinya gak murahan lah. Gitar ini gw beli online dari salah satu online shop. Stars Gallery Guitars. Bagi yang mau beli alat musik, bisa kunjungi Facebook mereka.
Sesaat setelah mendarat dengan cantik.

2. Instrument Jack


Jack instrument bisa kalian dapetin biasanya di toko-toko musik. Harganya murah, kalian juga biasanya bisa minta rakitin jack sendiri. Kalo di daerah gw harganya kurang lebih IDR 30K/m. Nah tapi gw juga punya jack instrument pemberian dari CS nya toko musik, jack yang satu ini salah satu ujung nya udah pake 3.5mm. Jadi gak perlu lagi pake converter jack.

3. Converter Instrument to 3.5mm


Ini dia si kecil mungil yang paling sakral diantara yang lain. Kalian bisa dapetin converter ini di toko-toko musik atau bahkan kalian juga bisa nemuin benda kecil ini di toko spareparts komputer. Berdasarkan survey gw, harga converter ini kalo di toko musik sekitar IDR 3K. Tapi bokap gw nemu di toko spareparts komputer dengan harga IDR 1K dapet 3 biji. Converter ini ada yang stereo sama mono. So, sesuaikan dengan kebutuhan kalian.
Sama kayak jack earphone.
Setelah disatukan dengan instrument jack.

4. Audio Interface/Soundcard

Yas, foto di atas adalah salah satu USB Soundcard murah yang biasanya kalian bisa dapetin di toko spareparts komputer. Harganya waktu gw beli sih murah cuma IDR 30K, tinggal colok nanti bakal install driver sendiri.


Nah kalo soundcard yang satu ini harganya lumayan mahal, tapi kalo pake soundcard ini kalian gak perlu ribet lagi beli converter jack karena kalian hanya perlu mencolokan instrument jack ke Line In di soundcard ini. Dan keunggulannya pake soundcard ini, kalian bisa dapetin suara yang lebih jernih, low noise, gak ada delay lattency, dan bisa sekaligus dipake buat rekaman. Gw dapet pinjeman soundcard pro kayak gini dari om gw dan sampe saat ini belum pernah gw coba karena adaptor nya masih pake kabel Firewire bukan USB. Nanti gw kasih fotonya. Biasanya yang punya home recording pake produk usb soundcard dari Focusrite, semisal Scarlett 2i2 atau 2i4. Ada juga yang pake dari produk Steinberg, Ci2+ biasanya. Nanti bakal gw bahas lagi tentang home recording di artikel berikutnya.

5. Monitoring


Nah sebenernya kalo pake laptop udah cukup kali ya pake speaker onboard, tapi lain lagi kalo di PC. Kalian juga bisa pake flat speaker biar sound yang dikeluarin itu murni dari speaker nya, soalnya kalo di speaker pasaran biasanya ada equalizer nya. Jadi kalo di speaker A enak belum tentu sama-sama enak pas didengerin di speaker B. Tapi, gw juga gak pake flat speaker kok. Dan gw cuma pake speaker onboard dari laptopnya sendiri atau kadang pake In-Ear Monitor/IEM. IEM yang gw pake ini dari produknya playbasic.asia. Gw beli Basic IE-88, harganya cukup mahal kalo kita satu kategorikan sama earphone-earphone yang ada di pasaran. IEM ini seharga IDR 100K. Buat yang pengen tau apa aja sih keunggulannya cek aja trit jualan gw di KASKUS disini.

6. PC/Laptop


Ini dia yang terpenting dari tutorial kali ini. Kalian perlu punya PC/Laptop. Dan inilah laptop gw, kondisinya sangat menyedihkan, dan disanalah gw ngurus blog gw ini. Ngetik artikel, upload file, ngedit foto, semuanya gw lakuin demi blog menggunakan laptop ini. Btw, gw pake external keyboard yang ngeselin banget! Gw pake keyboard elastis/karet. dan saat pengetikan bikin gw males banget sebenarnya. Tapi demi kalian gw belain apapun yang terjadi pada laptop ini. Sebetulnya kalian gak perlu laptop yang high-end. Dengan procie intel Atom pun cukup buat disulap jadi efek gitar. tetapi kalian harus tetap fokus di soundcardnya. Karena jika laptop yang kalian miliki itu tergolong low-end, biasanya soundcard onboard nya pun gak bagus-bagus amat. Jadi kalian perlu akalin dengan pake software ASIO dari FL Studio nya biar gak ada delay pas kalian petik gitar kalian.

Oke mungkin segitu aja peralatan yang kalian perlukan, selanjutnya mari menyulap laptop menjadi efek gitar!

Step by Step

Instalasi

  1. Install FL Studio 11. (buka flstudio_11.exe).
  2. Tunggu sampe beres. Kalo udah ke-install usahain jangan buka dulu software nya.
  3. Kalo otomatis kebuka, langsung aja close.
  4. Buka Crack.exe nya.
  5. Kalo ada pertanyaan "Are you sure you want to continue?" klik yes.
  6. Beres. Tinggal buka lagi softwarenya. Kalo udah berubah jadi FL Studio 11 Producer Edition berarti udah berhasil.
(Untuk instalasi Overloud, kalian hanya perlu install saja dan ada 1 hal penting. Pada saat instalasi kalian bakalan ditanya dimana kamu bakal naruh folder VST Directory, nah untuk itu kalian perlu taruh file TH2.dll nya di folder VST yang ada di FL Studio.)
  • Taruh file TH2.dll disini.
  • Setelah itu buka FL Studio lalu tekan tombol F9 di keyboard sampe keluar mixer. Lalu klik di FX Slot 1 nanti keluar seperti di gambar. Klik More.

  • Nanti keluar kayak gini. Selanjutnya klik Refresh > Fast & Scan. Tar bakal muncul VST TH2 biasanya paling bawah.


  • Terus kalian klik di kotak kosong sebelah kiri TH2. Dan close tab More nya. Kalo berhasil kalian bisa liat di tab FX Slot udah ada TH2.


Pengaplikasian

  • Sebelum membuka aplikasi FL Studio hubungkan converter jack dengan instrument jack terlebih dahulu. Lalu colokan ke slot mic di soundcard laptop kalian. Setelah selesai install buka FL Studio 11 nya.
  • Klik Option > Audio Settings.
  • Pilih ASIO4ALL v2.
  • Klik icon ASIO yang ada di system tray.
  • Samakan settingan-nya.
  • Balik lagi ke FL Studio. Pencet F9 di keyboard atau klik View > Mixer
  • Setelah keluar mixer, klik di audio input 1.
  • Klik di insert 1 sesuai yang di gambar.
  • Klik di HD Audio Mic input 1 - HD Audio Mic input 2.
  • Klik di FX Slot 1, lalu cari TH2 dan klik vst tersebut.

  • Setelah keluar plugin seperti ini, klik di high input.
  • Lalu un-click Master dan kamu dapat memilih efek gitar sesukamu.


  • Kalau ada efek-nya yang belum nyala, seperti di gambar. Klik tombol toggle on seperti pada efek gitar pada kehidupan nyata.


  • Kalian juga dapat menyusun efek kalian sendiri dengan cara mengklik kanan di kabel dekat efek sebelumnya, seperti yang ditandai di gambar. Lalu kalian bisa memilih efek kalian, pada contoh kali ini gw pilih delay.

  • Nah, jika merasa efeknya sudah pas kalian klik lagi tombol Master yang di atas.
  • Putar knob Gate untuk meminimalisir noise atau suara kemresek yg mengganggu sampai kamu merasa sudah pas. Jangan sampe mentok guys. Kalo mentok nanti malah gabakalan ada suara yang keluar.



Oke guys beres sudah tutorial kali ini. Akhirnya kalian bisa maen gitar pake efek lewat laptop. Mohon maaf kalo banyak kekurangan atau banyak kata-kata yang bikin kalian bingung. Mungkin cuma segitu yang gw tau gimana caranya menyulap laptop menjadi efek gitar. Selamat bermusik! Pantengin terus d-SHINE.blogspot.com dan jangan lupa like, comment, and share di setiap artikel blog gw yang tentunya gak kalah menarik untuk dibaca. At last but not least, always in my zone and DON'T DO DRUGS!

Other Site:
- KASKUS - kaskus.co.id
- Stars Gallery Guitars - Facebook
- Down4fr33 - down4fr33.blogspot.com
- BASIC - playbasic.asia
- Image-Line - image-line.com
- Overloud - overloud.com

Related Posts:

32 Responses to "Menyulap Laptop Menjadi Efek Gitar"

  1. kenapa ribet pake fl.....kalo cuma main main.....langsung aja pake over load

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di beberapa kasus kalo langsung pake overloud biasanya jack input ga ke detect sama ASIO hehe tapi tetep bisa kok pake overloud langsung, setidaknya kalo punya fl bisa sekalian recording juga:v atau bahkan belajar ngikutin metronome dan maen sambil play file audio lain:v thanks btw hehe

      Delete
  2. Klo buat rekam lagu gmn ya...sy pke fl studio 11

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah kok gan..tunggu artikel berikutnya yaa hehe next time, saya bakal buat tutorialnya:)

      Delete
  3. gan, kabel jack gitar nya itu dicolokin ke Port Mic yg lubang nya warna merah/kuning itu ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo itu sih tergantung dari laptop/pc yg agan pake..biasanya sih ada logo Microphone nya di sekitar port nya..kebanyakan laptop/pc sih portnya yg warna merah gan:)

      Delete
    2. padahal udah bener nih gan colokin nya di port MIC yg warna merah.. tapi tetep gak masuk suara gitar nya -____-

      Delete
  4. gan kalo di laptop cuma ada 1 slot jack audio, pake usb soundcard bisa yaks ? mohon info

    terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok gan, saya juga biasa pake usb soundcard soalnya laptop saya slot audio nya cuma 1 juga:)

      Delete
  5. Gan? Kenapa di aiso settingnya ga ada hd input nya ya? Cuma ada muxedln 1 & 2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya mixedin? Tinggal klik yg itu juga bisa kok gan seharusnya. Kalo saya keluarnya HD input soalnya saya pake Realtek HD Audio:)

      Delete
  6. Gunanya usb guitar cable link apa ya gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya kalo di laptop port nya cuma 1 kan, ntar rebutan antara mau dijadiin output atau input. Kecuali kalo di laptopnya udah ada line-in port sama speaker-out port:)

      Delete
    2. misi gan, speaker yg agan pakai kayak mana, boleh kasih demonya nggak, terus harga gitarnya berapa gan? makasih

      Delete
    3. udah saya jawab di blog agan yaa:)

      Delete
  7. assalamualaikum gan, permisi mau numpang nanya. ini gimana ya gan, udah ngikutin keseluruhan prosedurnya tp kok g bisa? bunyi yg keluar cuman bunyi nyaring kaya tawon, malah mikrophonenya nyala jd kalo ane lg ngmg bisa kedengaran d laptop, ape harus d disable dulu mik nya. mohon pencerahannya gan, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh sori, suara mic nya udah ilang tinggal bunyi bisingnya+suara gitar g masuk sma skali. mksih

      Delete
    2. Kalo kayak gitu kasusnya saya pernah ngalamin juga, dan ternyata permasalahannya di connector jack ke 3.5mm nya. Coba ganti connector lain atau kali aja kurang masuk jack nya hehe:)

      Delete
  8. Pake notebook Acer aspire one gakbisa yaa gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu saya pake Aspire One bisa kok gan, apapun laptopnya kalo udah memenuhi syarat-syarat yang tertera di artikel Insya Allah bisa sih hehe:)

      Delete
  9. gan kenapa efek suara gitarnyaa ngga adaa..udah di ikutin semua prosedurnyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dicek lagi, kali aja belom diklik tombol "Full Metal" (atau yang lain) nya hehe

      Delete
  10. Gan TH 2 nya kok nggk keluar ya setelah refresh, fast scan

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Thanks info nya bro.. bermanfaat .. lanjutkan

    ReplyDelete
  14. Misi gan link buat download nya apa ya.saya cari cari kok gk bisa smua buat download aplikasi ASIO nya

    ReplyDelete
  15. misi gan, saya udah ikuti tutornya tapi kok sound gitar nya ng keluar?

    ReplyDelete
  16. Kalo cuma mau main main doang bisa kan pake Overloud nya aja? Soalnya link fl studionya nya mati

    ReplyDelete

Back to top