KABISART #1 - Photoshop 3D Layer Style

Selamat hari kamis, dan selamat datang di KABISART edisi ke #1! Info penting buat kalian semua, kali ini d-SHINE punya program baru yaitu KABISART. Apa sih artinya bang? KABISART adalah singkatan dari KAmis BIkin Seni/ART. Sebenernya agak maksa juga sih artinya. HA! Yas benar, di setiap hari kamis gw mau bikin program yang isinya ngebahas segala sesuatu yang masih berkaitan dengan Seni/ART itu sendiri. Tapi untuk KABISART ini, gw mungkin akan lebih memfokuskan ke seni visual aja. Kenapa nggak sekalian audio juga bang? Kalo misalnya gw pisahin keduanya, seenggaknya bakal lebih tertata dan gak bikin kalian bingung juga. Contoh aja kasus kayak gini, lu mau nyari tutorial edit foto di kategori KABISART eh yang keluar malah kebanyakan tutorial edit audio, misalnya. Nah untuk itu, lebih baik gw pisahin aja keduanya demi kenyamanan dan kepentingan kita bersama.

Dan untuk edisi pertama ini, gw mau bahas tutorial edit foto yang bisa dibilang sangat simple untuk dilakukan. Daripada banyak basa-basi, langsung aja kita masuk ke inti pembahasan kita kali ini.


Itu dia contoh hasil jadi tutorial 3D Layer Style kali ini. Foto di atas mengandung hak cipta, jadi kalau gw nemu foto ini digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, selamat menanggung resiko-nya sendiri ya guys. Btw, dia itu bokap gw loh, ganteng ya? HA! Selamat menyimak!

Step by step:

  • Pertama, buka foto kalian di Adobe Photoshop (terserah ente mau versi berapa, gw disini pake CS3) dan kemudian duplicate layer background (CTRL/command+J). Untuk tutorial kali ini, gw pake foto monochrome, tapi gak ada salahnya kalian coba bereksperimen menggunakan foto yang berwarna.
  • Uncheck layer background.

  • Klik Add a layer style kemudian pilih Blending Options...
  • Untuk membuat layer menjadi merah, uncheck Green dan Blue kemudian biarkan Red menyala atau nyalakan jika sebelumnya dalam keadaan mati.
  • Duplicate Layer 1. Kemudian lakukan hal yang sama seperti step sebelumnya (sampai pemilihan blending options).  Uncheck > Add a layer style > Blending Options...



  • Nah untuk step di atas yang paling akhir, lakukan hal sebaliknya dari sebelumnya. Uncheck Red dan nyalakan Green dan Blue untuk menghasilkan warna Cyan.

  • Nyalakan kembali Layer 1. Kemudian pilih Move Tool atau tekan tombol V di keyboard.
  • Untuk Layer 1 geser ke kanan dengan menekan tombol Arah Kanan di keyboard sebanyak yang kalian mau tapi samakan dengan step berikutnya. (contoh Layer 1 ke kanan 3 kali, Layer 1 copy harus sama ke kiri 3 kali.
  • Lakukan jumlah yang sama seperti Layer 1, tetapi untuk layer ini geser ke arah kiri.

  • Nyalakan lagi layer background dan VOILAA!
Oke segitu aja untuk KABISART #1, Semoga kalian bisa menerapkan tutorial Photoshop 3D Layer Style di atas. Bila ada kata-kata yang tidak dimengerti, silahkan comment di bawah artikel ini. Dan, bagi yang mau memberikan saran atau request untuk edisi KABISART yang berikutnya kalian bisa juga comment di bawah artikel ini atau kirim e-mail ke dshine.ofc@gmail.com. Selamat hari Kamis! Pantengin terus d-SHINE.blogspot.com dan jangan lupa like, comment, and share di setiap artikel blog gw yang tentunya gak kalah menarik untuk dibaca. At last but not least, always in my zone and DON'T DO DRUGS!

Related Posts:

0 Response to "KABISART #1 - Photoshop 3D Layer Style"

Post a Comment

Back to top